PROJEK 6
Temukan
sebuah SPLDV yang menyakan model matematika dari masalah nyata yang kamu jumpai
di lingkungan sekitar mu.uraikan proses penemuan model matematika yang berupa
SPLDV,kemudian tentukan hipunan penyelesaian yang menyatakan pemecahan masalah nyata
terssebut .buat laporan dan presentasikan hasilnya !
Salah satu manfaat SPLDV dalam
matematika khususnya menentukan koordinat titik potong dua garis, menentukan
persamaan garis, menentukan konstanta-konstanta pada suatu persamaan.
Untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang
memerlukan penggunaan matematika, maka langkah pertama yang harus dilakukan
adalah menyusun model matematika dari masalah tersebut. Data yang terdapat
dalam permasalahan itu diterjemahkan ke dalam satu atau beberapa PLDV.
Selanjutnya penyelesaian dari SPLDV digunakan untuk memecahkan permasalahan
tersebut.
Permasalahan-permasalahan tersebut bias mengenai angka
dan bilangan, umur, uang, investasi dan bisnis , ukuran, sembako,gerakan dan
lain-lain.]
Membuat model matematika dari masalah sehari-hari
Contoh soal:
Dalam suatu hari seorang pedagang berhasil menjual
sandal dan sepatu sebanyak 12 pasang. Uang yang diperoleh hasil dari penjualan
adalah Rp. 300.000,-. Jika harga sepasang sandal Rp. 20.000,- dan harga
sepasang sepatu Rp. 40.000,-tentukanlah model matematikanya!
Jawab
Misalkan, banyak sandal yang terjual = x pasang
Banyak sepatu yang terjual = y pasang
Persamaan pertama : x + y =12
Persamaan kedua : 20.000x + 40.000 = 300.000 (kedua
ruas dibagi 10.000)
2x + 4y = 30
Jadi model matematika adalah x + y = 12 dan 2x + 4y =
30
Contoh soal :
1. Dua tahun
yang lalu seorang laki-laki umurnya 6 kali umur anaknya. 18 tahun kemudian
umurnya akan menjadi dua kali umur anaknya. Carilah umur mereka sekarang!
Penyelesaian:
Misalkan umur ayah sekarang x tahun
dan umur anaknya y tahun, maka
x – 2 = 6( y – 2 )
x – 6y = -10………… (1)
x + 18 = 2(y + 18 )
x – 2y = 18 ………… (2)
dari persamaan (1) dan (2) diperoleh
x – 6y = -10
x – 2y = 18 -
-4y = – 28
y = 7
subtitusikan nilai y = 7 ke dalam
persaman x – 2y = 18, maka diperoleh
x – 2(7) = 18
x – 14 =18
x = 32
jadi, sekarang umur ayah 32 tahun
dan anaknya berumur 7 tahun.
2. Keliling
sebidang tanah yang berbentuk persegi panjang adalah 48 m. panjangnya lebih 6
meter dari lebarnya. Tentukan ukuran tanah itu!
Penyelesaian
Misalnya panjang dan lebar tanah itu adalah x m dan y
m.
Keliling = 2( panjang + lebar)
48 = 2(x + y) atau x + y = 24 ……….(1)
x = y + 6 atau x – y = 6 ……….(2)
dari persamaan (1) dan (2) dapat diperoleh
x + y = 24
x – y = 6 -
2x = 30
x = 15
subtitusikan x = 15 ke dalam persamaan x + y = 24,
sehingga diperoleh
15 + y = 24
y = 24 – 15
y = 9
jadi, ukuran tanah itu adalah 15 m x 9 m.
3. Harga
sebuah buku dan sebuah pensil RP 5.500,- harga 2 buku dan 3 buah pensil RP
12.500,-.
a. Nyatakan
kalimat diatas dalam bentuk persamaan dengan peubah x dan y!
b.
Selesaikan persamaan itu!
c. Tentukan
harga 4 buah buku dan 3 buah pensil!
Penyelesaian:
a. Misalkan
harga sebuah buku = x,rupiah
Harga sebuah
pensil =y, rupiah
Maka
persamaan dalam x dan y adalah
x + y =
5.500 …..(1)
2x + 3y =
12.500 …..(2)
b.
Menyelesaikan persamaan diatas dengan disubtitusikan
x + y = 5.500
x = 5.500 – y
subtitusikan x = 5.500 – y ke
persamaan 2
untuk x = 5.500 – y → maka 2x + 3y =
12.500
2(5.500 – y) + 3y = 12.500
11.000 – 2y + 3y = 12.500
11.000 + y = 12.500
y = 12.500-11.000
y = 1.500
subtitusikan y = 1.500 ke persamaan x = 5.500 – y
x = 5.500 – 1.500
x = 4.000
jadi nilai x
dan y adalah Rp. 4.000 dan Rp. 1.500
c. Harga 4
buah buku dan 3 buah pensil
= 4x + 3y
=
4(Rp.4.000,-) + 3(Rp. 1.500,-)
= Rp.
16.000,- + Rp. 4.500,-
= Rp.
20.500,-
Jadi, harga 4 buah buku dan 3 buah pensil adalah Rp.
20.500,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar